Breaking News
Home / Pimpinan Fakultas

Pimpinan Fakultas

Pengelola

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo sekarang dipimpin oleh Dekan Dr. H. Muhyar Fanani, MAg, dibantu oleh wakil dekan bidang akademik dan pengembangan lembaga Dr. Hj. Misbah ZE, M.Hum, wakil dekan bidang administrasi, umum dan keuangan Dr. H. Abu Rokhmad, MA., dan wakil dekan bidang kemahasiswaan Drs. H. Gufron Ajib, MAg.

Program studi Ilmu Politik dipimpin oleh H. Amin Farih, M.Ag sebagai ketua program studi dan Dr. H. Nur Hasan, MSi. sedangkan Program Studi Sosiologi digawangi oleh Drs. Parmudi, M.Si selaku ketua program studi dan Drs. Sugiarso, M.Si., selaku sekretaris program studi.

Tenaga Pengajar

Tenaga pengajar FISIP UIN WALISONGO terdiri dari dosen yang berkualitas. Rekrutmen dosen dan tenaga pendukung dilaksanakan secara terbuka. Informasi adanya kesempatan diumumkan secara luas oleh Universitas dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Seleksi dilakukan dengan objektif sesuai dengan persyaratan akademik dan administratif yang telah ditentukan sebelumnya. Calon dosen yang diterima berasal dari latar belakang yang beragam dan harus berlatar belakang pendidikan Magister Perguruan Tinggi terakreditasi sekurang-kurangnya dengan nilai B.

Peningkatan kualitas dosen FISIP ditempuh melalui program gelar dan non gelar. Melalui program gelar diberikan kesempatan seluas-luasnya kepada dosen untuk melanjutkan studinya ke program Doktor baik di dalam maupun di luar negeri. Sedangkan melalui program non gelar dilaksanakan dengan memberikan kesempatan kepada dosen atau staf untuk mengikuti  berbagai pertemuan ilmiah, pendidikan dan latihan, kursus, seminar, penataran, lokakarya dan berbagai program pengembangan lainnya baik di dalam maupun di luar negeri.

Sebagaimana dosen, tenaga pendukung di FISIP juga diberi kesempatan untuk mengembangkan diri guna menunjang tugasnya. Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk pemberdayaan tenaga pendukung adalah: (1) Pelatihan administrasi yang bersifat rutin diselenggarakan oleh Kementerian Agama. (2) Pelatihan psikologi untuk meningkatkan motivasi kerja oleh LPM UIN Walisongo. (3) Pelatihan penjaminan mutu oleh  LPM UIN Walisongo.

Di FISIP UIN Walisongo, para dosen berasal dari dosen-dosen tetap UIN Walisongo Semarang dan beberapa dosen luar biasa dari instansi terkait dan Perguruan Tinggi terdekat seperti Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Universitas Negeri Semarang (UNNES)[]