Breaking News
Home / Umum

Umum

MAL PRAKTIK ISLAM (7) Oleh: Muhyar Fanani

Adanya beberapa Warga Negara Indonesia (WNI) yang tertarik bergabung ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) sungguh memprihatinkan. Secara ideologi, tindakan itu sulit dibenarkan mengingat ideologi teror bukanlah ideologi yang disinari inti Islam. Secara politik, upaya itu tidaklah menguntungkan. Mereka dapat dicabut kewarganegaraannya sementara ISIS belum tentu mampu memberikan kewarganegaraan baru. Motif ekonomi yang bisa jadi menjadi pendorong juga sulit ... Read More »

HUKUMAN MATI BAGI KORUPTOR (6) Oleh: Muhyar Fanani

Warga negara yang sehat akal budinya, pastilah malu memiliki negara yang dikenal korup. Apalagi, mayoritas penduduknya muslim. Tak hanya warganya, Presidennya pun malu. Saat memberikan sambutan pada Rakernas MUI 2004, Presiden SBY menyatakan “Sungguh malu kita sebagai bangsa penganut agama Islam terbesar di dunia, dianggap sebagai bangsa yang korup, seolah-olah agama Islam yang menyuruh umatnya berbuat yang makruf dan menjauhi ... Read More »

KITA BUKAN BANGSA AYAM SAYUR (5) Oleh: Muhyar Fanani

Suatu saat nanti Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani. Kualitas bangsa diakui. Anak-anak negeri tak lagi menjadi kuli. Mereka cerdik berinovasi dan aktif menghasilkan sesuatu yang bergengsi. Seluruh warga hidup tenang dan nyaman. Yang kuat melindungi yang lemah. Yang miskin tak terhinakan. Kekayaan darat, laut, dan udara benar-benar dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat. Negara menguasai sektor-sektor yang menjadi hajat hidup orang ... Read More »

PERAN PROFETIK MUI (3) Oleh: Muhyar Fanani

Ibarat umur manusia, sebagai organisasi keagamaan yang telah berusia  40 tahun (pada 2016), MUI sudah memasuki masa kedewasaannya. Organisasi para ulama yang berdiri 26 Juli 1975 itu kini tidak boleh lagi sekedar menjadi perpanjangan tangan penguasa. Ia dituntut untuk kembali mengenali jati dirinya yakni pengemban misi kenabian bagi umatnya. Tugas ini merupakan tugas fitrah MUI karena ia berbeda dengan organisasi ... Read More »